Berita > Gelar Budaya Adat dan Tradisi Tolak Bala
Kamis 07 Okt 2021, 389 View Administrator

Pemerintah Daerah Kabupaten Tana Tidung melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tana Tidung Gelar Budaya Adat dan Tradisi Tolak Bala dengan Tema Istighfar Shafar "Pebais Rasa, Petowoy de Bala" berlangsung di Siring Tidong Keramot Tideng Pale pada Rabu (06/10/2021).

Dihadiri oleh Wakil Bupati Tana Tidung, Sekretaris Daerah, Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Provinsi Kalimantan Utara, Kepala OPD dan PNS, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat, dan Masyarakat Tana Tidung.

Dalam sambutannya Wakil Bupati Tana Tidung Hendrik menyampaikan esensi dan substansi diadakannya acara Tolak Bala ini adalah untuk memohon perlindungan kepada Tuhan Yang Maha Esa salah satunya yaitu dengan istighfar agar kita dijauhkan dari segala bencana dan marabahaya.

Dalam acara ini dilaksanakan juga tradisi Betimbang Safar dan Menjiu Salamun atau Mandi Salamun yang diartikan sebagai sebuah bentuk pembersihan diri dan permohonan pertolongan kepada Allah SWT dari segala kejadian buruk yang sewaktu-waktu dapat menimpa siapa saja.

 







     Hubungi