Berita > Olimpiade Sains Nasional (OSN) Tingkat Kabupaten Tana Tidung Tahun 2024
Kamis 21 Mar 2024, 125 View Administrator

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tana Tidung kembali mengadakan Olimpiade Sains Nasional (OSN) pada tahun 2024 dengan tema “Merdeka Berprestasi, Talenta Sains Menginspirasi".

Pelaksanaan OSN pada tahun 2024 ini diharapkan dapat mengembangkan peserta didik bertalenta dan berkarakter dengan prestasi internasional, sehingga mampu berkonstribusi sebagai perintis pembangunan melalui ilmu pengetahuan dan teknologi, dan mewujudkan sumber daya bangsa Indonesia yang unggul.

Pelaksanaan OSN SD tingkat kabupaten dilaksanakan mulai tanggal 19-22 Maret 2024 di SD Negeri 001 Tana Tidung.

Cabang Olimpiade Sains Nasional (OSN) tahun ini terbagi ke dalam dua bidang yakni Matematika dan IPA. Jumlah Peserta 189 Siswa (bidang IPA sebanyak 102 Siswa dan 87 Siswa Matematika).

Adapun tahapan pelaksanaan OSN terbagi menjadi empat bagian dimulai dari seleksi tingkat sekolah yang disebut Olimpiade Sains Nasional tingkat Sekolah (OSN-S), kemudian dilanjutkan seleksi di tingkat kabupaten atau disebut Olimpiade Sains Nasional tingkat Kabupaten/Kota (OSN-K). Peserta yang maju ke tingkat kabupaten merupakan peserta yang memenuhi syarat dan dinyatakan lulus pada seleksi OSN-S. Tahap selanjutnya yakni maju ke tahap seleksi OSN-P atau Olimpiade Sains Nasional tingkat Provinsi. Adapun siswa yang berhak maju ke tingkat provinsi yakni siswa yang memenuhi syarat dan ditetapkan oleh BPTI dan Dinas Pendidikan Provinsi yang telah dilaksanakan pada tingkat kabupaten. Selanjutnya, siswa yang bisa meraih juara satu akan menjadi wakil provinsi untuk maju ke Olimpiade Sains Nasional (OSN) tingkat Nasional.







     Hubungi